Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Menjaga kesehatan organ intim kewanitaan memang terkadang tidak mudah. Pasalnya, ada beberapa hal atau kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari ternyata berpengaruh pada kesehatan Miss V. Untuk menanggulanginya, disini kami menyebutkan beberapa tips sederhana yang dapat Anda ikuti untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan Anda, yaitu:

Tips Menjaga Kesehatan Vagina dari Miss Moza

1. Jaga kebersihan

Jagalah kebersihan diri dan vagina Anda, terutama ketika berhubungan intim dengan suami. Kebersihan yang terjaga akan mencegah terjadinya infeksi melalui saluran reproduksi. Maka dari itu, sangat tidak disarankan bagi seorang perempuan untuk bergonta-ganti pasangan karena dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada daerah kewanitaan.

2. Jangan suka menggaruk

Kebiasaan menggaruk vagina memang sepele, bahkan terkadang ada perempuan yang tidak menyadari kebiasaannya ini. Namun meski terdengar sepele, kebiasaan menggaruk dapat menyebabkan lecet dan iritasi yang terasa perih pada vagina Anda.

3. Usahakan tetap kering

Sangat penting untuk menjaga agar daerah kewanitaan kita tetap kering, sebab kelembaban akan mengundang munculnya jamur yang selanjutnya menimbulkan gangguan pada organ reproduksi wanita.

4. Gunakan air bersih

Air bersih dapat Anda gunakan untuk membersihkan daerah kewanitaan, terutama setelah buang air. Bilaslah dari depan ke belakang agar kuman dari anus tidak mencemari area vagina.

5. Jaga kebersihan celana dalam

Pastikan celana dalam yang Anda pakai selalu bersih, dan gantilah setidaknya dua atau tiga kali sehari. Pilih bahan celana dalam yang mudah menyerap keringat, karena dengan demikian jamur tidak dapat menempel pada alat kelamin. Haram hukumnya bertukar celana dalam dengan orang lain, termasuk keluarga sendiri.

6. Ganti pembalut sesering mungkin

Saat menstruasi, usahakan untuk mengganti pembalut Anda sesering mungkin. Setiap empat jam sekali, misalnya. Pembalut yang telah bernoda darah merupakan tempat berkembangnya jamur dan bakteri, karena itu jangan lupa membersihkan vagina ketika mengganti pembalut Anda.

7. Hidup sehat

Perilaku hidup sehat sangatlah penting. Jaga daya tubuh Anda dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan berolahragalah secara teratur.

8. Senam kegel

Tips yang satu ini sangat cocok untuk para wanita yang telah melahirkan. Normalnya, setelah melahirkan vagina wanita tidak serapat dulu lagi. Hal ini dikarenakan melemahnya otot-otot di sekitar panggul. Untuk mengembalikan performa otot panggul tersebut Anda dapat melakukan senam kegel.

Senam kegel pertama kali diperkenalkan oleh Dr. Arnold Kegel. Tujuannya adalah untuk menguatkan kembali otot panggul dan merapatkan vagina dengan cara membangun fungsi kerja otot agar menjadi lebih kuat.

9. Gunakan Herbal Sari Rapet

Herbal Sari Rapet sangat cocok untuk menjaga kesehatan vagina Anda. Bahan-bahannya yang alami merupakan suatu kelebihan tersendiri, terlebih lagi wujudnya yang berupa kapsul juga sangat memudahkan penggunaan obat herbal khusus wanita ini. Minumlah secara teratur sesuai panduan tertulis yang diberikan.

Selain berkhasiat menjaga kesehatan vagina, Herbal Sari Rapet secara khusus bermanfaat untuk mengencangkan organ intim kewanitaan hingga terasa seperti kembali perawan.